Pembelajaran Luar Sekolah, GLZoo Gandeng UNY, "Penandatanganan Kerjasama FIP UNY dengan GLZoo"

Gembira Loka Zoo (GLZoo) menggandeng Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP- UNY) dalam bidang pembelajaran luar sekolah (PLS) bagi rombongan pengunjung anak sekolah usia pra-TK/TK, SD-SMA/sederajat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dirut GLZoo KMT A.Tirtodiprojo (Joko) dan Dekan FIP UNY Dr Haryanto MPd, di Mayang Tirto kompleks kebun binatang setempat, Senin (17/2). Acara disaksikan Direktur/Manager Operasional GLZoo BPH Hario Danardono dan Kajur PLS FIP UNY Dr. Sujarwo, MPd.

Menurut Joko, sebagai lembaga konservasi, GLZoo memiliki lima fungsi, di antaranya fungsi pendidikan bagi pengunjung. “PLS di Gembira Loka sebetulnya sudah berjalan, namun resminya baru sekarang,” katanya.

Program PLS yang diperuntukkan bagi para siswa sekolah ini diprakasai oleh almarhum Sri Paduka Paku Alam (PA) VIII.” Gembira Loka juga menerapkan Cinta Satwa Sejak Usia Dini,” sebutnya.

Sementara Manager Marketing & Pengembangan GLZoo Josep Kurniawan, menjelaskan, konsep PLS tak hanya berkaitan dengan pendidikan formal sekolah saja. Namun lebih luas mengajak para siswa sekolah untuk belaja di luar lingkungan sekolah, khususnya di GLZoo, dipadukan dengan berwisata dan bermain, seperti pelestarian lingkungan, pengenalan tanaman dan tumbuhan, mengamati perilaku satwa serta aneka edugames.

Dalam program ini GLZoo menyediakan intruktur/pemandu dari para mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Luar Sekolah UNY. Dekan FIP UNY Haryanto menyambut baik kerja sama ini. “Pendidikan luar sekolah itu merupakan disiplin ilmu yang menangani pendidikan manusia sejak lahir sampai meninggal,” sebutnya.

Lebih lanjut, Dr. Haryanto, M.Pd menyampaikan bahwa, baru saja UNY menerima Hibah Mobil Pintar dari SIKIB atas usulan dari Jurusan PLS FIP UNY. Mobil pintar ini ke depan bisa digunakan untuk mendukung program kerjasama ini. Haryanto menambahkan, program kerjasa sama ini selain sebagai wahana praktek mahasiswa dalam menerapkan konsep pendidikan luar sekolah (rekreasi pendidikan) juga sebagai sarana untuk memperkuat Keistimewaan DIJ (Budaya Kampung, Budaya Kampus dan Budaya Kraton). (mata)

Sumber : Gembira Loka Zoo