Pemberdayaan Berwawasan Lingkungan

Dusun Nglebeng, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman mendapatkan kunjungan dari Perpustakaan Daerah Sleman dan Program Perpuseru Coca Cola Foundation . Kunjungan ditujukan  untuk program yang awalnya diprakarsai oleh empat mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Empat mahasiswa tersebut diantaranya adalah Dita Maya Winandarum, Mareta Mega Silvia, Marta Dwi Ningrum, Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon yang didampingi oleh dosen Pendidikan Luar Sekolah Dr. Iis Prasetyo, MM.

Program yang dilaksanakan yaitu program pemberdayaan  berwawasan lingkungan yang ditujukan bagi para lansia dimana program ini bertujuan untuk membentuk para lansia agar tetap aktif dan produktif. Pemberdayaan  yang dilakukan melalui pendidikan berwawasan lingkungan ini diterapkan pada lansia di Dusun Nglebeng, Desa Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.   Program pemberdayaan ini  dilatarbelakangi oleh masih banyaknya lansia di dusun ini yang belum mempunyai kegiatan yang produktif untuk mengisi waktu luangnya.

Potensi alam yang dimiliki oleh Dusun Nglebeng sangat melimpah misalnya berbagai jenis salak di mana dusun ini merupakan salah satu dusun penyumbang salak di Kabupaten Sleman. selain salak, dusun ini memiliki sumber daya alam yang belum termanfaat dan sering menjadi permasalahan yang dikeluhkan oleh masyarakat yaitu limbah salak dan kotoran hewan ternak yang menimbulkan bau yang tidak sedap. Melalui pemberdayaan masyarakat berwawasan lingkungan ini mahasiswa PLS berusaha memanfaatkan sumber daya tersebut sebagai media pembelajaran dan memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami oleh masyarakat.  Melihat kondisi maupun permasalahan yang dialami masyarakat di dusun ini, program pemberdayaan masyarakat berwawasan lingkungan yang diterapkan oleh mahasiswa ini  dengan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pembiakan EM4 yang mana pupuk organik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dusun ini. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Posyandu Lansia yang ada di dusun Nglebeng serta didampingi oleh Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara.

Tanggapan Ibu Endah Sulvitasari selaku ketua Perpuseru Coca-Cola Foundation mengenai program ini “ Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk ini merupakan kegiatan positif, menarik dan mampu memanfaatkan potensi alam sebagai media pembelajarannya”.  Anggapan positif lain juga dipaparkan oleh pengurus posyandu Lansia, Ibu Sri Lestari “ kegiatan ini cukup menarik perhatian lansia dan lansia merasa dirinya masih mampu melakukan kegiatan yang menghasilkan produk yang bermanfaat. Para lansia merasa senang dan sudah tidak sabar mengikuti pelatihan – pelatihan lainnya”. Dari tanggapan diatas maka terlihat bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan nilai yang positif bagi masyarakat dusun Nglebeng, selain itu terlihat jelas bahwa masyarakat dusun Nglebeng sangat antusias dan semangat dalam mengikuti program tersebut dan sebagai outputnya berupa pupuk organik dan EM4 sehingga dapat dimanfaatkan sendiri maupun di pasarkan.(mrt/dt/mt/ant)