Jurusan PLS jalin Kerjasama dengan TBM Mitra Praktik Jurusan

Rabu,(30/01). Untuk menyiapkan lulusan Prodi Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY yang memiliki kemampuan sebagai Pendidik PLS dan Pengelola Program PLS, pada semester Genap 2018/2019 ini Jurusan PLS mengadakan program Praktik Jurusan. Program Praktik Jurusan ini yang pada semester sebelumnya mahasiswa dibekali ilmu – ilmu tentang toeri teori dasar pendidikan luar sekolah, maka pada semester ini mereka diminta menerapkan ilmu di lapangan riil masyarakat.

Turut hadir Lembaga mitra Jurusan PLS diantaranya TBM Guyup Rukun Bantul, TBM Luru Ilmu Bantul, TBM Tanjung Pustaka, PKBM Mandiri Bantul dalam acara Orientasi Awal dan Kerjasama Praktik Jurusan tahun 2019, di Ruang Laboratorium PLS, Rabu, 30 Januari 2019. Lembaga ini yang nantinya akan ditempati sebagai lokasi praktik jurusan. Selain keempat lembaga tadi, Desa Wisata Pentingsari dan Desa Wisata Gunung Api Purba Langgeran juga akan menjadi lokasi praktik jurusan.

Dalam sambutannya, Lutfi Wibawa, M.Pd., selaku Ketua Jurusan PLS mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada lembaga yang berkenan hadir dan bersedia menjadi mitra kerja dalam kegiatan praktik jurusan pada tahun ini. Tak lupa, Lutfi juga berharap semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak.

Lutfi melanjutkan, bahwa kegiatan praktik jurusan ini dalam rangka memberi pengalaman langsung kepada mahasiswa agar bisa menerapkan ilmu dan kemampuannya dalam bidang PLS, khsususnya di 7 bidang sebagaimana matakuliah praktik ini. “Matakuliah ini diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal, Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pelatiahan Kerja, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan Keluarga, dan Pendidikan Usia Lanjut’, jelasnya

Tujuh matakuliah ini dilaksanakan dalam 16 kali pertemuan. “Kegiatan Assement atau Identifikasi kebutuhan dalam minggu kedua dan ketiga, serta minggu ke 9 s.d 12 mahasiswa berada di lokasi praktik untuk melaksanakan program yang sudah disusun sejak minggu pertama s.d minggu delapan”, pungkasnya. (rit)