KOLABORASI PRODI PLS DAN DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA : MEWUJUDKAN KAMPUNG LITERASI DI DESA PENGGOK

Senin, 25 Maret 2019 bertempat di Laboratorium Prodi Pendidikan Luar Sekolah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kolaborasi dalam mewujudkan kampung literasi di Desa Penggok. Berdasarkan konsep pembangunan berbasis kampung, kampung literasi menjadi salah satu program dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari dinas pendidikan kota Yogyakarta oleh Bapak Agus, perwakilan dari TBM Tanjung Pustaka oleh Bapak Basuki, ketua prodi pendidikan luar sekolah (Bapak Lutfi Wibawa), perwakilan dosen pendamping kegiatan praktek jurusan (Ibu Fitta dan Bapak Yudan), serta 3 perwakilan mahasiswa yang sedang melakukan praktek jurusan di TBM Tanjung Pustaka di Desa Penggok.

Upaya dalam mewujudkan kampung literasi perlu dilandasi dengan kesepemahaman mengenai konsep kampung literasi yang tertuang di pedoman literasi yang dibuat Dirjen PAUD & Dikmas. Adanya kegiatan praktek jurusan di TBM tanjung pustaka di Desa Penggok diharapkan kegiatan -kegiatan yang dilaksanakan nantinya menjadi bagian dari program kampung literasi di Desa Penggok.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan. Seperti dalam penyediaan narasumber dan bahan praktek mendukung pelaksanaan kegiatan. Tahap awal dalam mewujudkan kampung literasi di Desa Penggok, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menfokuskan pada empat literasi saja yaitu literasi baca tulis, literasi budaya, literasi Teknologi dan Informasi serta literasi sains. Kemudian program praktek jurusan yang sudah disusun berdasarkan 7 ranah PLS oleh mahasiswa diharapkan dapat ditinjau dan disinkronkan lagi dengan pedoman teknis literasi. Sehingga jangka ke depan dapat tertuang dalam MOU yang menjadi harapan prodi Pendidikan Luar Sekolah seperti yang disampaikan oleh Bapak Lutfi Wibawa selaku ketua prodi PLS. Selain itu, harapan dari dinas pendidikan kota Yogyakarta semoga kerjasama bisa berlanjut hingga tahun – tahun berikutnya baik dalam pelaksanaan maupun pendampingan. (erma/rit)

Tags: