Kuatkan Tekad Maba 2016, Jurusan PLS Adakan Orientasi Jurusan "One Step to Grow with Nonformal Education"

Dalam rangka meningkatkan tekad kuliah mahasiswa baru 2016 di Jurusan PLS, Jurusan PLS bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa PLS menggadakan kegiatan Orientasi Jurusan dan Pelatihan Dasar Mahasiswa Pelatihan Leadership Mahasiswa ( PDM PLM). PDM PLM adalah salah satu dari sekian kegiatan yang diselenggarakan ditingkat jurusan.

Kegiatan ini bersifat wajib bagi mahasiswa baru. PDM PLM ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin keakraban antar angkatan satu dengan yang lainnya sehingga terjalin hubungan yang solid diantara mahasiswa lama dengan mahasiswa baru. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan bagi mahasiswa sebagai bekal dan menggali potensi mereka.

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) melaksanakan  kegiatan PDM PLM ini pada tanggal 16 – 18 september 2016 yang bertempat di ruang sidang 1 fakultas Ilmu Pendidikan UNY pada tanggal 16 September dan  di Desa Bejiharjo,  Karangmojo, Gunung Kidul pada tanggal 17-18 September 2016.

Pada kesempatan tersebut,  PDM PLM sekaligus Orientasi Jurusan PLS mengangkat tema "One Step to Grow with Nonformal Education".  Berbagai rangkaian acara dilaksanakan dengan konsep yang matang sehingga acara dapat berjalan lancar.
Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 16 september 2016 di ruang sidang 1 dengan rangkaian acara mulai dari pembukaan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dosen jurusan tentang gambaran perkuliahan dijurusan PLS. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang berada didesa Bejiharjo,  Karangmojo,  Gunung Kidul dengan rangkaian acara meliputi materi tentang kemahasiswaan dan leadirship.
 
Partisipasi dari mahasiswa baru sangat aktif pada kegitan ini, mereka sangat tertarik dengan semua materi yang disampaikan.
Kegiatan PDM PLM ini berlanjut sampai tanggal 17 September yaitu dengan agenda acara senam bersama di halaman omah pasinaon. Kegiatannya sangat mengasikkan, mahasiswa aktif mengikuti semua rangkaian senam yang dipimpin oleh ibu-ibu komunitas senam di desa tersebut.
 
Setelah kegiatan senam bersama dilanjutkan dengan sharing tentang keorganisasian dengan angkatan 2014 kepada mahasiswa baru 2016. Disini mereka dijelaskan tentang apa saja bentuk kegiatan yang ada di jurusan PLS terutama pada organisasi HIMA. Untuk lebih memperdalam pemahaman mahasiswa dengan jurusan PLS maka pada acara berikutnya ada materi tentang ke PLS an dan pengenalan Labsite.
 
Hampir dua hari penuh mahasiswa diberikan materi tentang PLS kini saatnya untuk refleksi agar mahasiswa tidak merasa bosan dan jenuh. Dimulai dengan kegiatan makan malam bersama yang bertempat di halaman omah pasinaon dengan konsep yang berbeda dari biasanya. Mahasiswa makan dengan duduk berjajar dan makan dengan menu yang sederhana dan diterangi oleh jajaran lilin sehingga menambah suasana kebersamaan antar mahaiswa.
 
Dalam hal ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk selalu bersyukur, membentuk nilai-nilai kebersamaan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya. Dan inilah acara yang sangat dinantikan oleh mahasiswa yaitu api unggun dan pentas seni. Perwakilan dari mahasiswa 2016 diminta membawakan api untuk menyalakan api untk seraya menyebutkan 7 ranah PLS.
 
Suasanapun semakin hangat dengan kedatangan tamu-tamu undangan dari berbagai oraganisasi di Fakultas Imu Pendidikan. kebersamaan ini berlanjut dengan pementasan bakat-bakat mahasiswa 2016 yang sangat kreatif dalam mengemas penampilan sehingga sangat berkesan dan menarik. Mereka menampilkan bakatnya dengan totalitas dan penuh kebermaknaan sehingga mampu membawa penonton ikut serta dalam cerita pementasan. 
 
Reporter : Wuri Setyaningsih, Meida Kamalia Ikhsana, Dita Wulandari
Editor      : Mareta P