Pembelajaran Luar Sekolah Gembira Loka Zoo (PLS GLZoo) jadi Program Percontohan Edukasi Lembaga Konservasi di Indonesia

Kamis (24/01) Dalam beberapa tahun terakhir Gembira Loka Zoo sebagai Lembaga konservasi melakukan program percontohan untuk edukasi melalui program Pembelajaran Luar Sekolah. Banyak Lembaga konservasi lain mencontoh program ini dengan nama yang berbeda beda, yang pada intinya melakukan kegiatan program edukasi di Lembaga konservasi.

Hal ini disampaikan oleh Yossi Hermawan, S.Pd., selaku Kabag Pemasaran Gembira Loka Zoo dalam rangka Evaluasi Program Pembelajaran Luar Sekolah GLZoo antara jurusan PLS FIP UNY dengan manajemen Gembira Loka Zoo, Kamis, 24 Januari 2019, di Ruang Laboratorium PLS. Selain menyampaikan hal di atas, Yosi menyampaikan laporan progres pelaksanaan PLS GLZOO. “Di tahun 2017 jumlah pengunjung program PLS GLZoo 1 tahun kegiatan dibagi dalam 2 sesi tercatat 11.603 siswa, untuk sekolah sejumlah 148 sekolah,. Pada tahun 2018 tercatat 11.965 sisiwa dan 133 sekolah. Hampir semua sekolah di kota Jogja sudah menggunakan fasiitas PLS GLZOO ini.”, ungkapnya. Untuk itu Yosi berharap agar program ini terus berjalan dan dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Lebih lanjut, kata Yosi Untuk pengembangan program ke depan, di Gembira Loka Zoo, karena pengunjung tidak semua umum, tetapi ada yang memiliki kebutuhan khusus, maka kami membutuhkan SDM yang bisa menanggani pengusung khusus ini, kami ingin semua pengunjung terfasilitasi dengan baik. Tahun 2019 ada wacana untuk membuat buku khusus untuk tuna netra. Alat peraga untuk menfasilitasi keluarga yg berkebutuhan khusus. “Oleh karena itu kami berharap dengan kehadiran Prodi Pendidikan Luar Biasa FIP UNY bisa bekerjasama dengan kami untuk menunjang program khusus tersebut”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Sujarwo, M.Pd., selaku Dosen PLS FIP UNY, yang bertanggunjawab dengan adanya program PLS GLZoo ini menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ini kontrak MoU antara PLS FIP UNY dengan manajemen Gembira Loka Zoo akan berakhir, dia beliau berharap kerjasama ini dilanjutkan. “Kemaren kita sampaikan program ini ke Bapak Rektor, dan Beliau menyambut bait program ini. Ke depan MoU ini akan dilaksanakan antara UNY dengan manajemen Gembira Loka”, ungkanpnya. (rit)