PILMAPRES PLS FIP UNY 2022, JALAN MENUJU MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY merespon adanya lomba pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2022 yang akan diselenggarakan oleh Puspresnas, Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengadakan seleksi tingkat jurusan. Jurusan PLS pada tingkat jurusan mengadakan kompetisi terbuka untuk seluruh mahasiswa PLS yang memiliki keinginan untuk mengikuti lomba ditingkat nasional. Tujuanya adalah untuk memilih mahasiswa yang paling unggul sesuai dengan kriteria yang ada di pedoman pilmapres.

Kompetisi tingkat jurusan dibuka tanggal 17 Januari 2022 dan ditutup tanggal 20 Januari 2022. Kriteria peserta pilmapres mengikuti pedoman yang sudah ada, diantaranya adalah mahasiswa aktif PLS FIP UNY, maksimal semester 6, usia maksimal 22 tahun pada tanggal 1 januari 2022, IPK minimal 3.00 dan pernah mengikuti organisasi. Pada kompetisi tingkat jurusan yang akan dinilai adalah capaian unggulan (portofolio) yang berisi tentang capaian mahasiswa dalam berkiprah sebagai mahasiswa seperti pernah menjadi juara dalam kompetisi, pengakuan sebagai bukti pernah berkontribusi dalam acara formal,  penghargaan, Karier organisasi, Hasil karya, pemberdayaan dan kewirausahaan. 

Peserta yang mengikuti pilmapres tingkat jurusan berjumlah 7 mahasiswa yang terdiri dari beberapa tingkatan semester yang diantaranya adalah Dian Nuriyanita, Muhammad Nur Arifin, Maulida Anita Putri, Mildha Santika, Valent Jalu Pratama, Ananda Sadewa, dan Isnaini Juliatista. Penilaian berkas semuanya dinilai oleh juri dari Dosen PLS FIP UNY yaitu Ibu Fitta Ummaya Santi, M.Pd, Bpk Yudan Hermawan, M.Pd. dan Bpk Arif wijayanto, M.Pd. Setelah melalui beberapa penilaian secara objektif, akhirnya diputuskan bahwa pada tahun 2022 perwakilan mahasiswa berprestasi dari jurusan PLS FIP UNY adalah Maulida Anita Putri. Hasil dari penilaian selanjutnya diumumkan melalui media sosial seperti Instagram HIMA dan instagram PNF FIP.

Harapanya dengan melakukan kompetisi terbuka dapat memberikan kesempatan yang sama kepada semua mahasiswa PLS untuk dapat berkontribusi dalam pilmapres tingkat jurusan, selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa bersaing yang positif. Pemenang pada tingkat jurusan nantinya akan dipilih untuk berkompetisi di tingkat Fakultas. Tentu jurusan PLS FIP UNY berharap Maulida dapat berkompetisi secara maksimal hingga tingkat Nasional. (ari)