Praktisi Masuk Kampus Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Dengan Tema “Urgensi Peningkatan SDM Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa”

Kamis 14/7/22 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan webinar dalam rangka praktisi masuk kampus dengan setting luring dan daring di ruang Lab. PAUD Lt.3 UNY. Acara ini merupakan awal persiapan dari kegiatan KKN mahasiswa PLS UNY, sekaligus pembekalan dan penyerahan mahasiswa PLS kepada desa yang menjadi lokasi KKN. Acara ini mendatangkan narasumber dari beberapa pihak antara lain: 1) Prof. Dr. Yoyon Suryono, MS. selaku Professor Emeritus PLS FIP UNY, 2) Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. selaku Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT, dan 3) Inge Setiawati selaku Executive Vice President CSR BCA. Tamu undangan yang hadir dalam acara webinar tersebut antara lain dari pihak Kemendes, BBPPM Yogyakarta, SKB Bantul, SKB Gunungkidul, SKB Klaten, Kemenkumham Yogyakarta, dan kepala desa masing-masing lokasi KKN.

 

Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Ibu Tristanti, M.Pd. dalam laporan yang diterangkan, beliau menjelaskan, “ada 6 kelompok yang akan ditugaskan untuk melaksanakan KKN di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah”, terangnya.

 

Acara webinar tersebut dibuka langsung oleh Dekan FIP UNY Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, “PLS sudah menjalin banyak kerjasama dengan beberapa mitra baik dari Kementerian, Desa, maupun instansi yang lain”, kata Bapak Sujarwo dalam sambutan yang disampaikan pagi ini.

 

Selain itu beliau menegaskan, “kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa PLS dan didampingi oleh dosen PLS harus punya perbedaan dari kelompok KKN lain”, tegasnya.

 

Acara webinar ini dimoderatori oleh Ketua Jurusan PLS UNY Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd. Selanjutnya beliau mempersilahkan narasumber pertama Dr. Yoyon Suryono, MS untuk menyampaikan materinya. Beliau mengatakan, “KKN itu berarti baik UNY maupun desa bersama-sama saling mendampingi 50:50, karena teori tanpa praktek tidak ada artinya”, terangnya.

 

Selain itu beliau juga menyampaikan, “ada 4 hal cara untuk mengenal desa, 1) mengetahui wilayah dan kondisi geografisnya, 2) mengetahui kondisi masyarakatnya, 3) mengetahui masalah yang terjadi di desa tersebut, dan 4) mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa tersebut”, jelasnya.

 

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., beliau sangat mengapresiasi bentuk kolaborasi dengan PLS UNY dalam bentuk kegiatan KKN ini. Beliau menyampaikan bahwa, “ada beberapa bentuk kolaborasi lain yang sudah terjalin dengan PLS UNY salah satunya adalah RPL S1 dan S2. Dan saat ini salah satu program inovasi adalah Program Gerakan Pendamping Menulis, program ini bertujuan untuk mengembangkan SDM sebagai upaya untuk mendukung kemampuan literasi”, jelasnya dalam webinar tersebut.

 

Materi ketiga disampaikan oleh Ibu Inge Setiawati, beliau menjelaskan bahwa, “terdapat roadmap dalam melakukan pembinaan desa wisata yaitu pengembangan kapasitas SDM, standarisasi branding dan program promosi, serta pengembangan sarpras pendukung. Dan tahapan pengembangan SDM antara lain 1) analisa kebutuhan, 2) menyusun rencana pelatihan, 3) menyusun materi pelatihan, 4) melaksanakan, dan 5) evaluasi”, jelasnya.

 

Acara webinar ini diikuti oleh sekitar 200 lebih peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen PLS UNY yang hadir secara luring serta mahasiswa dan dosen PLS diluar UNY yang hadir secara daring melalui platform zoom. Antusias dari para peserta sangatlah tinggi, hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh beberapa mahasiswa untuk didiskusikan dengan para narasumber di dalam webinar tersebut.

 

Dengan adanya kegiatan praktisi masuk kampus yang diselenggarakan dalam bentuk webinar tersebut, diharapkan dapat memberikan bekal, informasi, pengetahuan, serta gambaran hal-hal apa saja yang nantinya dapat dilakukan oleh mahasiswa selama melaksanakan kegiatan KKN di lokasi mereka masing-masing sehingga dapat memberikan program-program inovasi yang bermanfaat bagi sasaran. (Adn, 14/7/22).