Prodi S1 PLS FIP UNY divisitasi oleh BAN-PT

Yogyakarta - (10/07). Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Visitasi (Asesmen Lapangan) Akreditasi di  Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tim Asesor BAN-PT yang diberikan tugas untuk melakukan visitasi yaitu Prof. Dr. Mustofa kamil, M.Pd. (UPI), dan Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. (UNS). Visitasi akreditasi ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Dekanat FIP, Dosen Prodi PLS, Mahasiswa dan Alumni. Visitasi akreditasi yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium Prodi PLS ini  dilaksanakan untuk meverifikasi data dari Borang Akreditasi Prodi S1 PLS FIP UNY yang sebelumnya sudah dikirim ke BAN-PT Kemdikbud dengan bukti fisik yang ada.

Jumat, 10/7, Tim asesor BAN-PT diterima dengan hangat oleh Pimpinan UNY. Setelah acara penyambutan dari Pimpinan UNY, Tim Asesor diterima oleh Pimpinan FIP dan Dosen Prodi PLS. Acara dilanjutkan dengan diskusi antara Asesor dengan Tim Penyusun Borang FIP dan Prodi PLS.

Acara Visitasi Akreditasi berlangsung selama 2 hari, 10 – 11 Juli 2015, beberapa standar penilaian yang diperiksa oleh tim asesor, yaitu: (1) Standar Penilaian Visi dan Misi, (2) Standar Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, (3) Standar Mahasiswa dan Lulusan, (4) Standar Sumber Daya Manusia, (5) Standar Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, (6) Standar Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan (7) Standar  Penelitian, Pelayanan, dan Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama. Tim Asesor juga melihat ketersediaan bukti fisik yang disiapkan oleh Tim Penyusun Borang Akreditasi Prodi PLS.

Setelah serangkaian penilaian dokumen asesmen lapangan (visitasi) akreditasi selesai, Tim Asesor bersama Tim Penyusun Borang Akreditasi FIP dan Prodi menandatangani Berita Acara Asesmen Lapangan Program Studi untuk Akreditasi Program Studi Jenjang S1. Acara visitasi diakhiri dengan buka bersama. Semoga mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. (mata)