Sosialisasi dan Pembekalan Praktik Jurusan PLS FIP UNY

Selasa, 30 Januari 2018. Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa terkait implementasi program maupun pembelajaran luar sekolah, maka Jurusan PLS FIP UNY akan mengadakan kegiatan “Praktik Jurusan”. Praktik Jurusan merupakan salah satu matakuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa PLS. Tujuan dari matakuliah Praktik Jurusan agar mahasiswa mampu mengimplementasikan keilmuawan dan keahliannya dalam hal pengelolaan program ataupun pembelajaran luar sekolah. Untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Praktik Jurusan, Jurusan PLS mengadakan kegiatan sosialisasi dan Pembekalan Praktik Jurusan, Selasa, 30 Januari di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY.

Dalam pemaparannya, Lutfi Wibawa, M.Pd., selaku ketua Jurusan PLS FIP UNY menjelaskan bahwa kegiatan Praktik Jurusan ini akan dilaksanakan pada Semester Genap mulai pekan ke 3, yaitu minggu ke 2 bulan Februari sampai Mei 2018. Inti dari kegiatan Praktik Jurusan ini adalah mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep dan teori yang telah dipelajari selama kuliah di semester sebelumnya. Beberapa kegiatan praktik jurusan ini meliputi : (1) Identifikasi Kebutuhan Program, (2) Mendesain Program, (3) Penyempurnaan Program, (4) Penyiapan Perangkat, (5) Pelaksanaan Program, (6) Penilaian program, (7) umpan balik, (8) evaluasi program secara menyeluruh, (9) melakukan upaya tindaklanjut kegiatan.

Adapun ruanglingkup praktik jurusan menurut Lutfi Wibawa, M.Pd. meliputi: (1) Praktik Pendidikan PAUD Nonformal, (2) Praktik Pendidikan Keaksaraan, (3) Praktik Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja, (4) Praktik Pendidikan Keluarga, (5) Praktik Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, (6) Praktik Pendidikan Kepemudaan, (7) Praktik Pendidikan Usia Lanjut.

Di akhir sesi, Lutfi menambahkan untuk melaksanakan kegiatan praktik jurusan ini dengan sukses maka perlu diberikan panduan yang jelas. Adapun panduan praktik jurusan bisa di download di laman http://pls.fip.uny.ac.id/praktikjurusan