STUDI LAPANGAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KE PLS FIP UNNES

Selasa, 7 Desember 2021. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah mengadakan kegiatan Studi Lapangan Pengelolaan Laboratorium Luar Kampus ke Jurusan PLS FIP UNNES. Menurut Dr. Puji Yanti Fauziah selaku Kajur PLS FIP UNY, pengelolaan laboratorium luar kampus perlu dilakukan dengan mengedepankan prinsip pengelolaan yang akuntabel dan bermakna yang mendukung pada kelancaran pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Selain itu pemahaman dan keterampilan dalam mengelola laboratorium luar kampus harus dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang berorientasi pada best practice dari berbagai sumber belajar. Tujuan Studi lapangan ke UNNES tidak terlepas dari upaya implementasi kerjasama IA yang sudah disepakati antar kedua belah pihak.

Rombongan dari Jurusan PLS FIP UNY yang berjumlah 14 orang tiba di kampus UNNES pukul 10.00 WIB disambut oleh Dr. Sungkowo Edy Wibowo, M.Si selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FIP UNNES dan Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd selaku Kajur PLS FIP UNNES beserta bapak/ibu dosen Jurususan PLS FIP UNNES. Dalam sambutan, Dr. Sungkowo Edy Wibowo mengucapkan selamat datang dan senang sekali atas kunjungan studi laboratorium yang dilaksanakan oleh Jurusan PLS FIP UNY ke UNNES. Beliau juga berharap agar kerjasama yang sudah terjalin antara UNNES dengan UNY bisa semakin baik kedepannya, tidak hanya pertukaran studi lanjut dosen antar UNY-UNNES tetapi juga bisa kerjasama dalam aspek lain. Selanjutnya Dr. Mintarsih Arbarini, menambahkan bahwa anatara Jurusan PLS FIP UNY-UNNES sebenarnya selalu menjalin komunikasi secara intensif, sehingga dapat saling support dan mengembangkan jurusan dalam beberapa aspek, termasuk penelitian, ppm maupun jurnal.

Setelah acara sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi mengenai pengelolaan laboratorium Jurusan PLS FIP UNNES yang disampaikan oleh Bapak Bagus Kisworo, S.Pd, M.Pd. beliau menyampaikan bahwa salah satu ujung tombak dalam sosialisasi dan eksistaensi Jurusan PLS FIP UNNES yaitu melalui pengembangan kegiatan Laboratorium. Hal tersebut tentu tidak dapat terlepas dari upaya pengelolaan Laboratorium yang dikemas dengan inovasi-inovasi serta kreativitas dengan melibatkan berbagai pihak termasuk optimalisasi peran mahasiswa. Seusai presentasi tersebut, kemudian rombongan diajak untuk melihat berkeliling ruang laboratorium dan Jurusan PLS FIP UNNES. Selepas berkeliling, akhirnya serangkaian kegiatan studi lapangan laboratorium tersebut telah selesai, dan rombongan dari Jurusan FIP UNY mohon pamit untuk melanjutkan perjalanan kembali ke kampus FIP UNY. (dk)