Diskusi : Peluang dan Tantangan Prodi PLS Bersama FX Sudarsono, MA., Ph.D

Senin (17/1/22) Prodi PLS berkesembatan menimba ilmu dan pengalaman dari Bapak FX Sudarsono, MA.,Ph.D. Diskusi informal yang diselenggarakan oleh Prodi PLS ini juga dimaksudkan sebagai media untuk menjalin silaturahmi dari bapak/ibu dosen PLS baik yang sudah purna tugas maupun yang masih aktif mengajar. Seperti yang diketahui, Bapak FX Sudarsono merupakan salah satu dosen purna dari prodi PLS, sehingga pada kesempatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi maupun inspirasi bagi para dosen muda pada khususnya serta untuk bisa memberikan tambahan wawasan dalam pengembangan prodi PLS di masa mendatang, tutur Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku Kajur Pendidikan Luar Sekolah.

Pada kesempatan kali ini, Bapak FX Sudarsono, MA.,Ph.D memulai diskusi dengan menceritakan sedikit awal mula karir beliau. Dimulai kurang lebih pada tahun 1962, beliau memulai karir sebagai dosen Pendidikan Masyarakat (sekarang PLS). Pada awal karir tersebut beliau menceritakan bahwa suatu Ketika pernah diminta bantuan oleh pemerintah untuk menjadi tenaga ahli atau konsultan dalam pengembangan pertanian. Meskipun background bukan dari pertanian, papar beliau, saya tetap antusias dalam menjalankan tugas negara tersebut. Saya berusaha untuk mencoba mengembangkan, membuat strategi-strategi dan solusi kepada masyarakat dalam usaha pertaniannya. Singkat cerita setelah beberapa bulan, akhirnya petani berhasil untuk panen. Meskipun hasil panen masih kurang sesuai harapan, ungkap beliau, namun pada saat itu beliau berhasil mengatasi pencegahan hama wereng, yang kebetulan pada saat itu masih belum terdeteksi oleh teknologi pertanian yang ada. Dari kilas balik cerita tersebut, beliau menyampaikan bahwa Pendidikan Luar Sekolah sebenarnya memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Bagaimana kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, atau bagaimana kita bisa menggerakan masyarakat agar dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah, merupakan inti dari PLS itu sendiri. Beliau juga berpesan agar dalam pengembangan prodi, senantiasa juga perlu menyesuaikan dengan tuntutan jaman dan perkembangan serta kondisi masyarakat yang ada. Sehingga focus dalam Pendidikan lebih berorientasi kepada kebutuhan masysarakat.

Hadir dalam diskusi ini Bapak Dr. Sujarwo selaku Dekan, beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak FX Sudarsono, MA., Ph.D. Beliau juga berharap agar peserta diskusi, khususnya dosen muda dapat mengambil teladan dari narasumber sehingga dapat melanjutkan perjuangan Prodi Pendidikan Luar Sekolah menjadi lebih sukses dan maju. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto Bersama dan ramah tamah. (dik)