Kerjasama Jurusan S1 PLS Dengan BBPPM DIY Dalam Kegiatan KKN Mahasiswa Tahun 2022

Rabu 13/7/22, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY melaksanakan kersajama dengan Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPM) Yogyakarta di Ruang Sidang 1 FIP UNY. Kerjasama ini dilaksanakan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan sesuai dengan jadwal dari universitas.

 

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd. menyampaikan bahwa, “ada 4 wilayah yang nantinya akan ditetapkan sebagai lokasi KKN mahasiswa PLS antara lain Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Kulon Progo”.

 

Pernyataan tersebut dilanjutkan oleh penanggung jawab kegiatan KKN yaitu Tristanti, M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa hal teknis mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga sampai evaluasi atau penilaian mahasiswa KKN. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dengan pihak BBPPM Yogyakarta, “pendamping lapangan dari kegiatan KKN tersebut nantinya akan diambil dari beberapa Dosen PLS serta beberapa perwakilan dari pihak BBPPM Yogyakarta”, kata Ibu Tristanti dalam acara penyamaan persepsi tersebut.

 

Beberapa perwakilan dari BBPPM Yogyakarta yang datang dalam kegiatan penyamaan persepsi tersebut adalah Ibu Amia Sudewi, S.Pd. MM., Bapak M. Hery Salugu, SE. MM., Bapak Azsep Kurniawan, SP., Ibu Yulia Aryani, Sp.MAP.

 

Kerjasama ini disambut baik oleh pihak BBPPM Yogyakarta, “mahasiswa sudah disiapkan tempat tinggal atau posko selama kegiatan KKN yang dikoordinir oleh kepala desa yang ditunjuk sebagai lokasi KKN pada setiap kabupaten yang sudah ditentukan, selain itu sebagian besar desa yang dipilih sebagai lokasi KKN memfokuskan programnya pada pengembangan desa wisata, akan tetapi kami tidak membatasi mahasiswa untuk memberikan program-program inovasi lainnya yang nantinya akan ditawarkan dan dilaksanakan dalam kegiatan KKN”, terangnya dalam diskusi penyamaan persepsi tersebut.

 

Harapannya kerjasama antara Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dengan BBPPM Yogyakarta ini dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya tidak hanya dalam bentuk KKN saja akan tetapi juga dalam bentuk kegiatan pada ranah Pendidikan Luar Sekolah yang lainnya. (Adn, 13/7/22).