Lokakarya Finalisasi Kurikulum Berpayung KKNI Jurusan PLS Se Indonesia

Jakarta. 31/1/2014. Kegiatan Lokakarya Finalisasi Kurikulum Nasional Berpayung KKNI untuk Kurikulum Jurusan Pendidikan Luar Sekolah dilaksanakan di Wisma Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tepatnya di Kompleks UNJ. JL. Rawamangun Muka. Rawamangun. Jakarta Timur.

Sampai dengan berita ini diturunkan kegiatan Lokakarya Finalisasi Kurikulum PLS Berpayung KKNI ini masih berlangsung, direncanakan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 30 Januari sampai dengan 2 Januari 2014. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk keberlanjutan pembahasan penyeragaman Kurikulum Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang pada akhirnya seluruh Jurusan/prodi PLS di seluruh Indonesia memiliki keseragaman kurikulum yang berpayung KKNI.

KKNI sendiri memiliki dasar hukum pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau Indonesian Qualification Framework yang merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja, serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor, maka setiap prodi perlu meninjau kembali kurikulum agar dapat menyiapkan lulusan yang berkualifikasi sesuai dengan level yang dipersyaratkan dalam KKNI. Untuk memenuhi maksud tersebut Jurusan/Prodi PLS perlu segera membahas dan menemukan kesepakatan tentang kompetensi utama prodi PLS dalam KKNI, dan membahas isu/tema lain yang terkait sampai dengan perumusan bahan ajar, strategi pembelajaran/ perkuliahan.

Selain Finalisasi Kurikulum Jurusan/Prodi PLS juga dilaksanakan Rapat Kerja Ikatan Akademisi Pendidikan Nonformal dan Informal (IKAPENFI) bersama Forum Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (FJP-PLS) terkait dengan perencanaan program satu tahun kedepan. Turut hadir dalam kegiatan ini masing-masaing dari perwakilan Universitas yang memiliki Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) antara Universitas Muhammadiyah Enrekang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA-BANTEN)), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI BANDUNG), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Jember (UNEJ), IKIP Mataram, Universitas Negeri Makasar (UNM), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Negeri Malang (UM) dan selaku tuan rumah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). 

 

Sumber : plsindo.net