Mahasiswa PLS Adakan Literacy Camp #2

Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNY bersama dengan SKB Gunung Kidul dan Karang Taruna Dusun Trowono A mengadakan serangkaian kegiatan terkait dengan literasi dimana sasarannya adalah anak Sekolah Dasar N Trowono 1. Konsep dari kegiatan literasi ini menggunakan konsep perkemahan. Sebelum perkemahan berlangsung, terdapat pertemuan 1x dalam seminggu untuk mempelajari tentang berbagai macam literasi. Literasi yang kami berikan terdiri dari Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Budaya dan Literasi Visual.

Anak-anak diberikan ilmu pengetahuan seputar ke-empat literasi tersebut. Pertemuan setiap minggunya digunakan supaya anak-anak dapat mengetahui dan memantapkan pilihan akan minat dalam beberapa literasi yang kami suguhkan. Bahwa literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis, tapi lebih dari itu. Ada eksperimen yang dapat dipelajari, ada kebudayaan yang memang harus tetap dijaga dan dilestarikan, juga masih banyak yang lainnya.

Puncaknya adalah pada perkemahan yang dilaksanakan hari Sabtu-Minggu, 03-04 November 2018. Dimulai dengan Upacara Pembukaan di SD N Trowono 1 sebagai tanda dibukanya kegiatan Literacy Camp. #2 tahun 2018 dengan menyematkan tanda peserta secara simbolis oleh Bapak Kepala Sekolah SD N Trowono 1. Dilanjutkan membangun tenda dan eksperimen sains Gunung Berapi. Lintas Medan dengan beberapa pos dan rute singkat sesuai kemampuan anak Sekolah Dasar, dimana salah satu pos yang diberikan mempelajari tentang Literasi Digital. Anak-anak diminta untuk mencari informasi dengan baik dan benar melalui internet. Sehingga, mereka mampu mengolah informasi yang didapat dengan tepat serta tidak disalahgunakan dengan sengaja.

Malamnya, anak-anak diajak untuk berkreasi juga melestarikan berbagai macam kesenian yang ada di Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Malam Pentas Seni dalam kegiatan Literacy Camp. 2018 ini moment yang sangat dinanti tidak hanya oleh peserta perkemahan, namun juga oleh Bapak dan Ibu Guru SD N Trowono 1, wali murid, warga sekitar, termasuk panitia sendiri yang tak lain adalah mahasiswa PLT PLS UNY 2018. Dihadiri pula oleh Kepala SKB Gunungkidul, Kepala Dusun Trowono, dan Bapak Kepala Sekolah SD N Trowono 1. Anak-anak menampilkan tarian kupu-kupu, tari candik ayu, tari mulat sari, tari nawung sekar, dan beberapa gerak lagu. Tidak hanya peserta perkemahan literasi yang menampilkan kesenian tapi Bapak dan Ibu Guru beserta anak-anak juga menampilkan salah satu kesenian "thoklik" yang merupakan kesenian khas Gunungkidul. Dari banyaknya kesenian yang ditampilkan saat malam Pentas Seni, anak-anak didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru sudah mempersiapkan semuanya dari minggu pertama pertemuan serangkaian kegiatan Literacy Camp. #2.

Perkemahan kedua, Minggu, 04 November 2018 adalah kegiatan have fun untuk anak-anak. Paginya, senam bersama dilanjutkan sarapan dan outbound. Outbound yang terdiri dari 2 game (estafet tepung dan sponsbob) & 1 pos penampilan yel-yel setiap regu/kelompok. Anak-anak terlihat senang, bersemangat, dan antusias mengikuti serangkaian kegiatan Literacy Camp. #2 dari pertemuan pertama hingga pertemuan akhir di hari Minggu siang. Diakhiri dengan Upacara Penutupan Literacy Camp. 2018 dengan melepaskan tanda peserta perkemahan secara simbolis oleh Bapak Kepala Sekolah SD N Trowono 1 dan pengumuman Juara 1,2,3 serta Juara Harapan 1,2,3 dari perlombaan yang ada di Perkemahan Literasi 2018.

Besar harapan kami, semoga serangkaian kegiatan yang sudah kami laksanakan selama kurang lebih 1,5 bulan dapat bermanfaat bagi peserta perkemahan literasi yang tak lain adalah siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SD N Trowono 1. Semoga dapat membekas dihati adek-adek secara positif, terkenang dengan baik, dan menjadi salah satu pengalaman berharga bagi mereka. Salam Literasi! (Dwi Pawitra, PLS A 2015)