Pembekalan Praktik Jurusan Tahun 2017

Selasa (21/2). Dalam rangka menyiapkan mahasiswa dalam kegiatan Praktik Jurusan, Jurusasn PLS menyelenggarakan Pembekalan Praktik Jurusan, Selasa, 21 Februari 2017, di Ruang Abdullah Sigit FIP. Pembekalan Praktik Praktik Jurusan dihadiri oleh mahasiswa PLS Semester VI dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Dalam kesempatan ini, Lutfi Wibawa, M.Pd. selaku ketua Jurusan PLS menjelaskan tentang Konsep, Prosedur, Ruang Lingkup dan Time Schedule Praktik Jurusan. "Kenapa harus Praktik? Muara dari semua pembelajaran selama semester ini adalah untuk menghasilkan lulusan PLS seperti Pendidik PLS dan Pengelola Program PLS. Praktik Jurusan dilaksanakan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman praktik di lapangan", jelasnya.

"Adapun kompetensi di dalam Praktik Jurusan ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan, menyusun desain program, melaksanakan program, melakukan monitoring dan evaluasi program dan pembelajaran, serta menyusun laporan program", lanjutnya. Lutfi menambahkan ada 9 alur kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa di dalam Prakti Jurusan, yaitu (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Menyusun Desain Program/Pembelajaran, (3) Menyempurnakan Program/Pembelajaran, (4) Menyiapkan perangkat, (5) Melaksanakan Program, (6) Melakukan Penilaian, (7) Melakukan Umpan Balik, (8) Melakukan EValuasi program secara menyeluruh, (9) Melakukan tindaklanjut.

"Ke-9 Alur tersebut dilakukan pada setiap matakuliah praktik jurusan  yaitu Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal, Praktik Pendidikan Keaksaraan, Praktik Pendidikan Kepemudaan, Praktik Pendiidkan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja, Praktik Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, Praktik Pendidikan Keluarga, dan Praktik Pendidikan Usia Lanjut", pungkasnya.

Lutfi juga menjelaskan time schedule kegiatan praktik jurusan agar mahasiswa bisa mengelola waktu sehingga program praktik jurusan ini berjalan dengan lancar.  (mata)

 

NB: Pedoman Pelaksanaan Praktik Jurusan bisa di download disini