Peningkatan Capacity Building bagi Pokdarwis Asmadewi di Desa Wisata Ngestirejo

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di Ekowisata Telaga Tritis Kelurahan Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul DIY pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021. Kegiatan PPM ini dilaksanakan selama satu hari dengan pembatasan jumlah peserta pelatihan yakni sebanyak 20 orang peserta dari anggota kelompok Pokdarwis Asmadewi Ekowisata Telaga Tritis. Kegiatan PPM ini berjudul “Peningkatan Capacity Building bagi Pokdarwis Asmadewi di Desa Wisata Ngestirejo”. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk memberikan pelatihan pengembangan kapasitas kepada para anggota Pokdarwis Asmadewi tentang pengembangan desa wisata, sekaligus membekali mereka terkait wirausaha di desa wisata tersebut. Penyambutan dari pihak Kelurahan Ngestirejo kepada pihak PLS FIP UNY sangatlah baik, bahkan kami disambut langsung oleh Bapak Hendri selaku Kepala Desa Ngestirejo Tanjungsari Gunung Kidul DIY. Kegiatan PPM ini juga dihadiri oleh Bapak Rahmadian selaku Camat Tanjungsari Gunung Kidul. Beliau sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini serta berharap terjalin kerjasama yang saling mendukung antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat khususnya wilayah Ngestirejo Tanjungsari Gunung Kidul.

Gambar 1. Penyambutan Kepala Desa Ngestirejo Tanjungsari Gunung Kidul kepada Kelompok PPM PLS FIP UNY

Setelah acara penyambutan selesai, pihak kelompok PPM PLS FIP UNY mulai membuka kegiatan PPM. Kegiatan PPM dibuka langsung oleh Ibu Tristanti, M.Pd. selaku Ketua Kelompok PPM Prodi PLS FIP UNY. Kegiatan PPM ini bekerjasama dengan PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) dan tim outbound dari Wirawisata, hal ini karena kedepannya wilayah Ekowisata Telaga Tritis akan diadakan wisata berkuda untuk para pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut selain itu juga akan diadakan paket outbound untuk pengunjung di lokasi wisata tersebut. Selanjutnya peserta dibekali materi motivasi tentang peningkatan kapasitas pengembangan desa wisata oleh dua pemateri yang sudah disiapkan. Beliau adalah Bapak Yudan Hermawan, M.Pd. selaku penggiat di Goa Pindul dan Bapak Hari, S. S.T., M.Eng selaku perwakilan dari PORDASI. Kedua pemateri tersebut memberikan motivasi dan inovasi serta kiat-kiat kepada anggota Pokdarwis Asmadewi terkait mengembangan desa wisata kedepannya supaya lebih maju, selain itu beliau-beliau juga memberikan pembekalan terkait kegiatan wirausaha untuk masyarakat setempat di sekitar desa wisata tersebut, harapannya selain memajukan dan mengembangkan desa wisata Telaga Tritis, masyarakat sekitar juga dapat membuka lapangan kerja dan mendapatkan penghasilan dari adanya desa wisata tersebut. Dalam pemaparan materi tersebut, pemateri membagi peserta pelatihan menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk menuliskan rencana dan harapan yang akan dilakukan untuk mengembangkan desa wisata Telaga Tritis serta kegiatan wirausaha yang rencananya akan dilakukan disekitar lokasi desa wisata tersebut.

Gambar 2. Pemaparan Materi Capacity Building kepada Anggota Pokdarwis Asmadewi

Semangat dan antusias para peserta pelatihan sangatlah besar. Hal ini terlihat dari kekompakan dan hasil karya masing-masing kelompok yang telah menuliskan rencana-rencana mereka kedepan yang akan mereka laksanakan untuk pengembangan desa wisata Telaga Tritis. Kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya mereka untuk disampaikan kepada peserta yang lain.

Gambar 3. Salah Satu Hasil Rancangan Kelompok Pelatihan

Setelah selesai mempresentasikan masing-masing hasil karya kelompok, kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan outbound dari tim Wirawisata. Hal ini untuk membekali para peserta pelatihan terkait pelaksanaan kegiatan outbound yang rencananya akan dilaksanakan di lokasi wisata tersebut. Selain itu kegiatan outbound ini juga bertujuan untuk mempererat kekompakan para peserta pelatihan.

Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan Outbound Peserta Pelatihan

Harapan kelompok PPM PLS FIP UNY kepada pihak Kelurahan Desa Wisata Ngestirejo ialah, semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan, serta semoga pelatihan yang diberikan dapat memberikan manfaat baik untuk para peserta pelatihan yakni Pokdarwis Asmadewi maupun untuk pihak Kelurahan Desa Wisata Ngestirejo itu sendiri. (Adn)