Selamat! 3 tim peneliti mahasiswa PLS lolos didanai dalam penelitian mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2022

(Jumat/04/03/22) Sebanyak tiga tim peneliti mahasiswa dari jurusan pendidikan luar sekolah dinyatakan lolos seleksi dan didanai dalam penelitian mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2022. Ketua dari ketiga tim tersebut adalah Mildha Santika sebagai ketua tim 1, Muhammad Dhiauddin Ahnaf sebagai ketua tim 2 dan Syifa Fitri Hirliana sebagai ketua tim 3. Para peneliti ini terdiri dari mahasiswa semester dua hingga semester enam. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada 4 Maret hingga 4 Mei 2022, dilanjutkan dengan seminar dan laporan hasil penelitian pada 5-6 Mei 2022 hingga pengumpulan laporan akhir dan submit artikel hasil penelitian ke jurnal pada 9 Mei 2022. Semua rangkaian penelitian ini dilaksanakan oleh tim peneliti yang dalam proses penelitian tersebut didampingi oleh dosen pendamping pada tiap tim peneliti, tutur Muhammad Dhiauddin Ahnaf.

Lebih lanjut, Mildha Santika menjelaskan bahwa setelah dinyatakan lolos, tim peneliti akan mendapatkan kontrak kerja penelitian dengan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kontrak tersebut mengatur tentang pendanaan yang diberikan oleh fakultas kepada tim peneliti hingga hasil dan laporan akhir dari penelitian yang diusulkan. Merujuk dari panduan penelitian yang dirilis Fakultas Ilmu Pendidikan, dana penelitian untuk ketiga tim peneliti ini akan dicairkan setelah pelaksanaan penelitian dan semua persyaratan telah dipenuhi. Setiap tim peneliti akan mendapatkan dana penelitian yang secara garis besar terbagi dalam tiga aspek pendanaan, pertama untuk proses operasional pelaksanaan peneitian, kedua untuk kegiatan pelaksanaan bimbingan dan pendampingan penelitian oleh dosen pendamping dan yang ketiga untuk bantuan publikasi artikel hasil penelitian ke jurnal, pungkas Syifa Fitri Hirliana.

Arif Wijayanto, M.Pd. selaku pendamping mahasiswa Prodi PLS menegaskan bahwa dengan adanya program ini dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang tergabung dalam tim peneliti untuk mendapatkan pengalaman langsung sebagai seorang peneliti. Selain itu, program penelitian ini juga menjadi wadah untuk mempraktikkan ilmu yang selama ini telah dipelajari oleh para mahasiswa. para mahasiswa yang tergabung dalam penelitian ini diharapkan bisa mulai membangun karir penelitian dan publikasi ilmiah sejak dini. Penelitian yang dilakukan diharapkan juga bisa berkesinambungan dan membantu para mahasiswa pada tahap selanjutnya, pada proses penyusunan tugas akhir maupun penelitian-penelitian selanjutnya. (Ahn/dik)