Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Berbasis Wirausaha Sosial oleh Tim PLS UNY

Selasa (14/06/2022) bertempat di RM. Warung Simbok, Playen, Kabupaten Gunungkidul digelar kegiatan Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Berbasis Wirausaha Sosial. Kegiatan ini merupakan program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus oleh Tim Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY yang terdiri dari Prof. Ibnu Syamsi, M. Pd, Dr. Serafin Wisni Septiarti, M. Si, Drs. RB. Suharto, M. Pd, dan Fitta Ummaya Santi, M. Pd . Acara ini diikuti oleh 20 BUMDes dari beberapa Kapanewon yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh ketua tim Fitta Ummaya Santi, M. Pd, dilanjutkan sambutan dan pembukaan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul yaitu Bapak H. Muhammad Farkhan, S. Sos, MAP.

Acara selanjutnya pemaparan materi oleh Bapak Khoiru Rahmat Widiyanto. SE. MM (Kasi Usaha Perekonomian Masyarakat Desa) mengenai Penguatan Kelembagaan BUMDes. Menurut beliau, Masyarakat Desa, BUMDES harus professional dan mampu memfasilitasi potensi usaha usaha lokal, dan tidak mematikan para pengusaha lokal, hal ini disebabkan karena BUMDES merupakan bidang usaha yang berbasis potensi lokal, jelasnya.

Materi ke 2 disampaikan oleh Tim UNY yaitu Prof. Ibnu Syamsi, M. Pd dan Drs. RB. Suharto, M. Pd mengenai Kewirausahaan Sosial dan Trik Wirausaha Sosial. Menurut Beliau, Kiat-kiat dalam kewirausahaan harus di tanamkan dari awal untuk membangun ekonomi masyarakat dengan memprioritaskan potensi lokal yang dikuasai sehingga bisa fokus pada pada usaha tersebut. BUMDes berbasis kewirausahaan sosial bertujuan untuk membantu masyarakat mengatasi permasalahan di masyarakat. BUMDes harapannya tidak hanya berorientasi pada profit semata, namun juga mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

Materi ke 3 disampaikan mengenai Bestpractice Pengembangan Usaha BUMDES Berbasis Masyarakat oleh Bapak Septian Nurmasyah (Ketua BUMDES Mardi Gemi Gari Gunungkidul). Kegiatan ini lebih menekankan pada perjalanan BUMDes Mardi Gemi Gari dari awal sampai bisa berkembang saat ini. Beliau juga menyampaikan usaha-usaha yang dapat dikembangkan oleh BUMDes.

Salah satu peserta yang bernama Tesy Fauziah Rachmawati dari BUMDes Handarbeni Wareng merasa sangat senang mengikuti kegiatan Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Berbasis Wirausaha Sosial ini dan berterima kasih atas kesempatannya. Para peserta juga sangat berharap kegiatan ini akan dapat ditindaklanjuti untuk pengembangan BUMDes ke depannya. (fus)