MAHASISWA PLS FIP UNY IKUTI KEGIATAN ROTARY YOUTH LEADER AWARDS (RYLA) 2014

Kamis – Minggu, 20 -23 Maret 2014 mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY, Irawan Sapto Ady, Fikri Nurcahya dan Fitri badriyah menjadi bagian dari peserta Rotary Youth Leadership Awards (RYLA) 2014 yang dilakanakan di kota Kalianda Propinsi Lampung. RYLA 2014 merupakan kegiatan ke 8 yang dilakukan selama 8 tahun terakhir yang diadakan rutin satu tahun sekali. Peserta RYLA yang disebut RYLARIAN berkumpul pada hari kamis pagi di stasiun gambir dan berangkat menuju Kalianda, Lampung menggunakan dua bus pariwisata.

Kegiatan RYLA 2014 mengusung tema “Disaster Management”, hal ini dikarenakan beberapa tahun belakangan dan di prediksi untuk tahun –tahun berikutnya Indonesia masuk dalam zona rawan bencana. Seperti yang sudah terjadi beberapa bulan terakhir seperti banjir, gunung meletus, kapal tenggelam, dan lain –lain. Peserta RYLA 2014 berjumlah 104, berasal dari Distric 3410 yang mencakup wilayah DIY, Jawa barat, DKI, dan Sumatera. Selain itu, ada bebereapa peserta yang berasal dari Youth Exchange Program yang berasal dari Kirgistan, Rusia, Jepang, Uzbekistan, dan Brazil.

Hari pertama, peserta di ajak untuk saling akrab dengan diadakannya welcome dinner dan fellowship. Pada hari kedua kegiatan training indoor dengan materi pengenalan maritim disaster, public speaking, leadership hingga self healing. Hari ketiga peserta diajak untuk terjun langsung kelapangan, yaitu outbound berupa kegiatan simulasi penanganan bencana di laut.  Selain itu, latihan menembak, turun tebing, dan  bermacam –macam permainan dalam outbound juga dilkukan untuk melatih leadership dan team building. Dalam pelatihan ini, marinir angkatan laut diterjunkan langsung untuk melatih peserta RYLA 2014. Output dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjadi kader –kader penanganan bencana dan juga jiwa relawan menjadi outcome dari kegiatan RYLA 2014. (fitri/mata)