MUSYAWARAH WILAYAH I IMADIKLUS & IMADIKLUS TRAINING 2

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I dan Imadiklus Training 2 (IT 2) dilaksanakan dari tanggal 16 s/d 18 Mei 2014 di Malang. Dengan agenda pemilihan Ketua dan pengurus Imadiklus Wilayah I serta pelaksanaan IT 2.

Pada hari pertama yaitu Jumat, 16 Mei 2014 dilaksanakan acara dialog Kependidikan yang bertemakan “PLS di Tengah Problematika Pendidikan Nasional”  dengan narasumber Prof. Dr. Supriyono, M.Pd (Dekan FIP UM) dan Drs. Moh. Ali Wafa (Ketua HISPPI Jawa Timur) yang di selenggarakan di Universitas Negeri Malang. Dalam dialog tersebut dibahas mengenai PLS itu sendiri. PLS dianggap dapat dipandang dari dalam maupun luar tema tersebut. Karena PLS dapat menjadi Penengah problematika maupun menjdai problematika itu sendiri.

Pada Jumat sore, diadakan Rapat Kerja Imadiklus Wilayah I (Rakerwil I) dengan agenda pemilihan ketua Imadiklus wilayah I beserta pengurusnya dan terpilihlah Hany A dari Universitas Negeri Malang sebagai ketua dan dari Universitas Negeri Yogyakarta terpilih lah Kholisatul Nurjanah sebagai sekertaris Imadiklus wilayah I serta Suci H.M sebagai Humas. Dan malam harinya, diadakan agenda pemaparan program kerja dari setiap universitas yang hadir yaitu Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Jember.

Pada hari kedua yaitu Sabtu, 17 Mei 2014 pemaparan Materi Inovasi dalam pembelajaran disampaikan oleh Ibu Elyn Sugeng (Dosen Universitas Negeri Malang), membahas tentang inovasi dalam pembelajaran yang diterapkan harus membawa keuntungan yang bersifat ekonomis. Dan memperhatikan berbagai hal seperti tingkat kesesuaian, tingkat kesukaran, trial abilities, dan dapat diamati. Di lanjutkan dengan training motivation.

Materi ke-2 disampaikan oleh bapak Edy Widyanto (Dosen Universitas Negeri Malang) materi yang disampaikan yaitu tentang public relation, di mana mahasiswa yang mengikuti Training Imadiklus II diajakan bagaimana cara berpresentasi yang baik dan yang perlu diperhatikan saat presentasi. Mulai dari motion, body language, penampilan, dan materi yang disampaikan.

Materi selanjutnya, presentasi program. Presentasi pogram disini berupa sebuah ide-ide mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk proposal mini, materi proposal tiap kelompok yang dipresentasikan berbeda, ada :

  1. Pemberdayaan masyarakat
  2. Pendidikan dan pelatihan
  3. Keaksaraan fungsional
  4. Kesetaraan
  5. PAUD

Pemateri ke III disampaikan oleh mas Rongo, beliau adalah admin dari web imadiklus. Materi yang dibahas yaitu tentang web Imadiklus atau pentingnya web Imadiklus bagi mahasiswa PLS untuk nge-share berbagai opini mahasiswa PLS dan artikel-artikel tentang PLS bisa dituangkan lewat web Imadiklus. Email : @imadiklus.com

Pada hari terakhir yaitu Minggu, 18 Mei 2014 diadakan City Tour yang bertujuan mengakrabkan para anggota Wilayah I. (jy/mata)