Jurnal Club PLS "Paradigma Filosofis Ilmu Pendidikan"

"llmu Pendidikan adalah kajian akademik yang mengupas, membahas dan meneliti rangkaian upaya dalam membantu proses pengembangan peserta didik sedemikian rupa, supaya kemudian peranannya menjadi lebih baik sebagai pribadi yang utuh dalam kehidupan manusia (jabatan tertentu). Tentu saja penampilan itu telah mengemban kecerdasan pengetahuan, sikap bermoral dan dinamika aktivitas tertentu sesuai dengan norma yang distandarkan. Itu semua dioperasikan sedemikian rupa lewat metodologi pengembangan teori pendidikan dengan evidensi empirik outcomes yang dapat dipertanggungjawabkan, hingga dapat disusun sistematika yang eksplisit bila dibandingkan dengan disiplin lain", ungkap Drs. Soepeno dalam kegiatan Jurnal Club Prodi PLS. Kegiatan tersebut diselenggarakan hari Kamis, 5 Juni 2014, di ruang Sidang I FIP. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa PLS.

Dalam paparannya, dosen purna Jurusan PLS itu menyampaikan tentang Paradigma Filosofif Ilmu Pendidikan. Paradigm filosifis ilmu pendidikan yang tersusun dalam bentuk buku tersebut dibedah dan dikupas untuk diambil poin – poin pentingnya.

“Ada 5 asumsi yang dijadikan landasan filosifik dalam buku tersebut. Diantaranya Asumsi kerohanian, Asumsi Kemanusian, Asumsi Percaya Diri, Asumsi Pertanggungjawaban, Asumsi Dinamika Peran”, lanjut Drs. Soepeno. Drs. Soepeno menjelaskan secara detil terkait 5 asumsi tersebut. Dalam kesempatan itu turut hadir Dosen Senior Prodi PLS, Prof. Dr. Sodiq A.K, M.Ed. (mata)