PNF FIP UNESA Studi Banding di PLS FIP UNY

Kamis, (7/5). Jurusan PLS FIP UNY menerima kunjungan dari Jurusan PNF FIP UNESA. Kunjungan ini dalam rangka studi banding yang dilakukan oleh 80 mahasiswa PNF FIP UNESA,  sebelumnya mengunjungi UPI, sekolah alam di bandung, dan P2PNFI Regional 2. Kunjungan lapangan ini merupakan praktek luar kelas, non SKS untuk angkatan 2013. Sebagaimana yang disampaikan oleh Hj. Gunarti, M.Si, selaku ketua rombongan sekaligus Ketua Jurusan PNF FIP UNESA, “Setiap tahun jurusan kami melakukan praktek luar kelas, non sks, agar mahasiswa memiliki bekal pengalaman lapangan yang diambil dari lembaga – lembaga pendidikan luar sekolah”. Gunarti merasa terharu atas sambutan yang dilakukan oleh Pimpinan Dekanat FIP beserta dosen Jurusan PLS. Dalam sambutannya, Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd merasa senang, atas kunjungan lapangan dari UNESA, semoga bisa saling berbagi untuk kepentingan bersama. Haryanto menjelaskan, bahwa di FIP sekarang ada tambahan 1 prodi sebelumnya 8 prodi, yaitu S1 Psikologi.

Ada moment yang menarik dalam kunjungan kali ini. Jurusan PLS FIP UNY bekerja sama dengan Museum Pendidikan UNY menyambut kunjungan mahasiswa UNESA, diawali dengan kunjungan ke Museum Pendidikan Indonesia yang ada di UNY. Mahasiswa diajak berkeliling melihat koleksi museum pendidikan didampingi oleh tim pemandu. Setelah puas melihat koleksi museum pendidikan, mahasiswa diajak melihat film documenter tentang pendidikan di masa lalu, di ruang theater MPI UNY.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Dr. Sujarwo, M.Pd, selaku ketua jurusan PLS FIP UNY. Dalam diskusi, Sujarwo menjelaskan tentang Pengembangan Labsite yang dilaksanakan di Jurusan PLS FIP UNY. Pengembangan labsite Jurusan PLS dibagi menjadi 2, labsite dalam kampus, dan labsite di luar kampus. (mata)