Workshop Penelitian Tindakan Kelas dan Penyusunan Karya Ilmiah dalam Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD

Sumber daya manusia di era revolusi industry 4.0 dituntut untuk memiliki ketrampilan Creative, Critical Thinking, Collaboration, and Communication . Keempat ketrampilan tersebut yang sering disingkat dengan ketrampilan 4C. ketrampilan tersebut kemudian di peruntukan bagi sumber daya manusia di segala bidang untuk mampu dan memiliki keempat ketrampilan tersbu agar mampu bersaing. Berkaitan dengan tantangan tersebut, pada hari selasa tanggal 30 Juli 2019, perwakilan pendidik PAUD dan pengawas PAUD yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Pathuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan. Fokus dalam kegiatan yang diadakan yaitu pada peningkatan kompetensi pendidik PAUD melalui kegiatan workshop penelitian tindakan kelas dan penyusunan karya ilmiah. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) Pusat Studi Anak Usia Dini yang diadakan oleh Dr. Pujiyanti Fauziah, M.Pd

Berdasarkan pada kebutuhan ketrampilan di era revolusi industry, para pegawai negeri sipil diminta untuk dapat meningkatkan ketrampilan 4C. Maka, kegiatan workshop penelitian tindakan kelas dan penyusunan karya ilmiah dibungkus dengan penyampaian materi mengenai penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang disampaikan oleh Dr. Iis Prasetyo, M.M, proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas oleh Rina Wulandari, M.Pd dan materi penyusunan karya tulis ilmiah oleh Dr. Pujiyanti Fauziah, M.Pd. Narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah para akdemisi dari jurusan pendidikan luar sekolah berkolaborasi dengan jurusan pendidikan anak usia dini. Sebagai ketua pengabdi, Dr. Pujiyanti Fauziah,M.Pd menegaskan bahwa kegiatan ini menjawab kebutuhan para pendidik paud, kaerena di dunia kerja pendidik paud saat ini yang diminta untuk dapat lebih kreatif dan berpikir kritis. Sehingga melalui pemahaman penelitian tindakan kelas dan penyusunan karya tulis ilmiah harapannya peserta mampu untuk berpikir lebih kritis mengenai isu – isu terkait paud. Sehingga luaran dari kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang di submit di jurnal nasional berdasarkan hasil dari penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan. Kegiatan ini memberikan kesan bagi para peserta terlihat dari antusias para pendidik PAUD yang menginginkan untuk di terus mendapatkan pendampingan dari para pengisi materi.(erm/rit)