PENDAMPINGAN SUBMIT ARTIKEL DI JURNAL DIKLUS PRODI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Menindaklanjuti kegiatan workshop penulisan artikel yang telah dilaksanakan bulan September lalu. Prodi Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan kegiatan pendampingan submit artikel di Jurnal Diklus pada hari Minggu 18 Oktober 2020. Jurnal Diklus itu sendiri adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta yang pada bulan lalu mengikuti kegiatan workshop penulisan artikel yang berjumlah kurang lebih 70 orang mahasiswa angkatan 2017 kelas A dan kelas B. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberkali para mahasiswa semester akhir yaitu semester 7 untuk mensubmit hasil artikel mereka kelak saat menyelesaikan tugas akhir. Hal ini karena salah satu syarat kelulusan adalah membuat artikel dan mensubmitnya dalam jurnal. Narasumber dari kegiatan pendampingan ini adalah ibu Erma Kusumawardani, M.Pd. Beliau adalah salah satu dosen muda di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau juga merupakan Managing Editor dari Jurnal Diklus. Ketua panitia dari kegiatan ini adalah Adin Ariyanti Dewi, M.Pd. Kegiatan ini dimulai pukul 18.30-20.00 WIB melalui plat form zoom meeting.

Antusias peserta dalam kegiatan pendampingan submit artikel ini sangatlah tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari mereka saat diskusi berlangsung. Dalam kegiatan pendampingan ini, para peserta memperoleh wawasan terkait tata cara dan tahapan submit artikel pada Jurnal Diklus. Selain itu mereka juga memperoleh wawasan terkait cara registrasi menjadi author di Jurnal Diklus. Harapannya ke depan kegiatan ini dapat berkelanjutan dengan tujuan membekali mahasiswa PLS untuk mensubmit hasil artikel mereka pada sebuah jurnal salah satunya Jurnal Diklus serta dapat mendukung visi dan misi dari Prodi Pendidikan Luar Sekolah itu sendiri. (Arif, 19/10/20)