Pendahuluan

A. Pendahuluan

Kurikulum merdeka belajar yang dirumuskan Program Studi Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan instrumen penting untuk mencapai standar kualitas akademik civitas akademik. Program Program Studi PNF FIP UNY berusha menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dan melaksanaan pembelajaran dalam bidang pendidikan nonformal dan informal dalam rangka mewujudkan individu dan masyarakat yang terdidik dan sejahtera sesuai dengan tujuan pembangunan pendidikan nasional. Melalui kurikulum merdeka yang merupakan bentuk pembaharuan kurikulum di perguruan tinggi, proses pembelajaran terlaksana dengan efektif dan akuntabel yang mana memungkinkan terjadi proses transformative mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah secara efektif, logis dan terprogram, mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif dalam kehidupan yang terus. Mahasiswa dapat belajar dengan dijiwai semangat mengembangan budaya akademik yang didasarkan pada pengembangan ilmu pengetahuan yang koheren, sistematis, dan relevan.

Kurikulum Merdeka yang disusun Program Studi PNF berusaha menjamin proses pembelajaran yang lebih inovatif bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat dengan belajar sesuai dengan prinsip learning to know, leanirng to do, learning to live together, and learning to transform one self and society. Artinya, kurikulum mampu mengembangkan mahasiswa mengkonstruk pengetahuan, dan mengaplikasikan pengetahuannya dalam masyarakat serta mampu mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Mahasiswa menjadi manusia yang mampu mengembangkan potensi fisik, psikis, maupun nonfisik secara utuh dan mengaktualisasikan kemampuannya dalam membangun masyarakat. Urgensi pengembangan kurikulum ini tidak lepas dari adanya tuntutan lingkungan seperti perkembangan masyarakat pengetahuan, perubahan revolusi industry 4.0 yang terjadi di masyarakat, pesaingain global yang ketat, dan tetap mengadopsi kebutuhan local khsuusnya kepentingan internal fakultas dan universitas serta dirancang berdasarkan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan. Secara yuridis formal, pengembangan Kurikulum Merdeka tahun 2020 ini ditekankan oleh Universitas Negeri Yogyakarta yang menerbitkan Peraturan Rektor Nomor 7 Tahun 2020 tentanga Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Sarjana dan Sarjana Terapan Universitas Negeri Yogyakarta.

Terkait hal di atas, secara teknis, pengembangan kurikulum merdeka dilakukan di tingkat program studi oleh Tim Pengembang Kurikulum Prodi PNF FIP UNY yang dikoordinir lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengacu pada rambu-rambu atau prosedur pengembangan kurikulum sebagaimana telah ditetapkan dalam peraturan di maksud.

 


Pendahuluan
Visi & Misi Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran Sebaran Kurikulum