Orientasi Jurusan PLS: "Berhenti Mati, Terlambat Tergilas"

Ospek merupakan agenda akbar tahunan yang harus dilewati mahasiswa baru, tak terkecuali mahasiswa baru Pendidikan Luar Sekolah dalam acara ospek mereka dikenalkan banyak hal tentang PLS tak terkecuali tentang Laboratorium Luar Kampus PLS. dari agenda ospek jurusan yang dilaksanakan pada tanggal 27-08-2015 ternyata jurusan telah menyiapkan agenda lain untuk melanjutkan masa orientasi mahasiswa PLS.

Kamis (03/09) pukul 07.00 wib sebanyak 75 mahasiswa baru pendidikan luar sekolah telah berkumpul didepan garasi ormawa FIP UNY. Mereka telah siap untuk diberangkatkan ke Gunungkidul untuk mengikuti orientasi jurusan. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam, Peserta Orientasi jurusanpun tiba di salah satu labsite PLS "Sekolah Pinudl" yang berada di kawasan Wirawisata Goa Pindul. Kedatangan mereka telah disambut oleh mahasiswa PLS yang sedang meaksanankan Praktik Pengalaman Lapangan disana. Setelah melepaskan penat dengan wedang pindul selanjutnya pesertapun mengikuti pembukaan orientasi Jurusan PLS 2015 yang dibuka Oleh Dr.Iis Prasetyo, M.M, selaku Pendamping kegiatan Kemahasiswaan. Setelah membuka Orientasi Jurusan yang bertemakan “Melalui Orientasi Jurusan, Kita Menyapa Masa Depan” beliau melanjutkan mengisi materi pertama dalam acara tersebut dengan membahas Keorganisasian, materi ini diharapkan dapat memotivasi peserta orientasi jurusan supaya tidak hanya menghabiskan masa kuliahnya dengan menjadi mahasiswa pasif. Karena PLS tanpa Lapangan bagaikan sayur tanpa garam.

Setelah materi pertama disampaikan peserta diberi waktu untuk beristirahat sejenak untuk selajutnya menerima materi kedua dari Heru Raharjo M.Pd dengan tema Kreatifitas Mahasiswa, beliau yang sudah expert dalam bidang tersebut memotivasi mahasiswa untuk dapat berkarya dalam bentuk tulisan atau apapun, besar harapan beliau agar peserta orientasi jurusan dapat menjadi penerus beliau bahkan dapat lebih hebat dari beliau dalam hal pejuang Program Kreativitas Mahasiswa.  

Suasana di wirawisata goa pindul yang nyaman dan acara yang dikonsep santai diluar ruangan tapi tetap tidak kehilangan maknanya, wedang pindul yang selalu tersedia untuk menghangatkan dan me recharge stamina peserta menambah ke syahduan acara orientasi jurusan kali ini. Dari materi kedua dilanjutkan materi ke tiga yang disampaikan Oleh Pak.Lutfi Wibawa, M.Pd yang membahas tuntas tentang kurikulum mahasiswa 2015 dari mulai jumlah SKS yang akan di tempuh, mata kulaih teori dan praktik, Mata Kuliah Umum, Mata Kuliah Fakultas, dan Mata Kuliah spesial jurusan PLS sendiri, tidak lupa juga dikupas tentang segala ketentuan untuk dapat mengikuti perkuliahan secara optimal. Materi ke tiga ini sekaligus menjadi penghujung sore yang indah di wirawisata goa pindul ditambah Ice Breaking yang diberikan oleh Ibu kita tersayang Ibu.Widyaningsih yang mengundang gelak tawa peserta orientasi jurusan. Setelah menerima materi yang tidak sedikit, peserta dipersilahkan untuk bersantai sejenak di home stay yang ada disekitar lokasi wirawisata goa pindul.

Tepat pukul 19.00 WIB peserta kembali ke wirawisata untuk menerima materi ke 4 tentang Lab.Site yang disampaikan Oleh Bapak Hiryanto, M.Si beliau menjabarkan tentang Laboratorium Luar Kampus seperti Wirawisata Goa Pindul, Sekolah Pindu, Omah Pasinaon, dan Gembira Loka Zoo yang diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin oleh mahasiswa PLS untuk memperkuat Sense of Belonging untuk jurusan PLS tercinta, sekaligus untuk mengembangkan pola pikir selain hanya dibentuk melalui teori yang disampaikan di bangku kuliah. Setelah materi ke 4 disampaikan untuk selanjutnya kegiatan di handle oleh panitia orientasi jurusan. Peserta dibagi menjadi 7 kelompok kecil, setiap kelompok dibersamai oleh 1 panitia yang berasal dari pengurus HIMA, acara yang diberi nama “One Step Closer with HIMA PLS 2015”selain untuk untuk PDKT dengan Peserta yang notabene mahasiswa baru PLS 2015, juga untuk memfasilitasi peserta untuk mengenal HIMA PLS 2015 dan IMADIKLUS secara lebih dalam dan mendalam. Acara tersebut sekaligus menutup serangkaian acara orientasi jurusan dihari pertama ini.

Jumat (04/09) acara orientasi jurusan belum usai, hari kedua di Gunungkidul dibuka dengan senam pagi di halaman belakang dengan dipandu oleh kakak-kakak PPL yang baik hati. Pagi ini bukan lagi wedang pindul yang menemani tapi susu hangat yang siap menambahkan sweet moment untuk peserta orientasi jurusan. Setelah senam pagi peserta diajak untuk basah basahan karena acara selanjutnya adalah Cave tubing Goa Pindul, setelah melakukan persiapan dengan menggunakan alat-alat pengmanan dan ban yang super besar peserta didamping oleh panitia dan Tim PPL siap melakukan Susur Goa. Suara berisik peserta satu persatu mulai terdengar pelan ketika sudah memasuki pintu masuk goad an mendengarkan cerita-cerita goa pindul yang disampaikan pemandu, setelah melewati zona terang, zona remang, dan zona gelap akhirnya peserta sampai pada zona bermain, di zona ini peserta mulai meninggalkan ban yang mereka duduki dan mulai berenang, terjun bebas ke air, atau sekedar melingkar dan bermain air.

Setelah bersenang senang di Goa pindul peserta menerima materi ke 5 yang akan disampaikan oleh Bapak Suharno. Bbeliau adalah Sekda Wonogiri yang sekarang menjabat sebagai PLT Bupati Wonogiri, gayanya yang “Down to Earth” walaupun dengan jabatan yang disandangnya sekarang membuat peserta larut dalam obrolan asyik dan mendidik. Kata yang benar-benar membekas dari Beliau “Berhenti MATI, Terlambat TERGILAS” mengajak kita untuk selalu jeli membaca peluang dalam sitausi apapun, dimanapun, dan kapanpun. Materi tersebut merupakan materi Penutup dari serangkaian acara Orientasi Jurusan PLS 2015. Setelah materi tersebut peserta dibubarkan untuk melaksanakan sholat jum’at. setelah melaksanakan sholat jum’at peserta packing dan kembali ke wirawisata untuk penutupan acara orientasi jurusan untuk selanjutnya dipulangkan ke FIP Tercinta. (quro/mata)