Prosedur Praktik Jurusan

Praktik jurusan dilaksanakan berdasarkan alur diagram alir di atas, berikut adalah penjelasannya.
1. Assessment atau Penilaian
Assessment dalam hal ini adalah aktivitas penilaian kebutuhan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai macam kebutuhan pendidikan di masyarakat yang meliputi upaya pencarian informasi potensi wilayah, potensi SDM, sumber daya alam, iklim, kependudukan, potensi pasar, faktor penghambat, serta potensi-potensi lain yang dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan program. Beberapa aktivitas mahasiswa dalam kegiatan ini antara lain: 1) menyusun instrumen; 2) validasi instrumen; 3) pengumpulan data; 4) analisis data; 5) membuat laporan hasil assessment.
2. Pengembangan desain program
Pengembangan desain program dilakukan setelah identifikasi kebutuhan selesai. Laporan hasil identifikasi kebutuhan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangan rancangan program pendidikan......
3. Penyempurnaan program
Kegiatan penyempurnaan program merupakan tahap lanjutan dari pengembangan desain, tahap ini merupakan upaya validasi program yang akan di laksanakan di masyarakat. Kegiatan penyempurnaan program dilakukan di kampus yang melibatkan mahasiswa kelompok dan dosen pengampu sebagai validator. Setelah divalidasi, rancangan program kemudian disempurnakan dan siap diimplementasikan.
4. Penyiapan perangkat
Jika desain program telah divalidasi dan disempurnakan artinya desain program telah sesuai dengan kondisi masyarakat atau sasaran. Tahap selanjutnya dari kegiatan ini adalah menyiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan dalam mengimpementasikan program. Perangkat ini meliputi sarana prasarana, media, pembiayaan, narasumber,
5. Pelaksanaan kegiatan
Setelah semua peranngkat disiapkan, barulah program diimplementasikan. Impmenetasi program harus sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan kecuali jika ditemui ada hambatan mendesak yang memaksa program tidak dapat berjalan sesuai rencana.
6. Penilaian
Setelah program dilaksanakan tahap selanjutnya adalah penilaian. Pada tahap ini, penilaian yang dilakukan adalah penilaian sumatif yang berfungsi untuk mengetahui ketercapaian tujuan baik itu tujuan yang sifatnya pengetahuan maupun keterampilan. Kegiatan penilaian harus dilengkapi dengan alat penilaian (instrumen) yang baik dan disusun oleh kelompok pratikum.
7. Umpan balik
Umpan balik merupakan aktivitas pasca kegiatan penilaian sumatif. Umpan balik ini dilakukan untuk memberikan penguatan pada peserta program terkait hasil yang telah mereka peroleh. Mahasiswa praktikum harus memiliki catatan umpan balik hasil penilaian.
8. Evaluasi program menyeluruh
Evaluasi program menggunakan model evaluasi formatif. Kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi program mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai dampak program. Evaluasi ini akan memberikan gambaran apakah program yang dilaksanakan untuk mengetahui keefektivan dan keefisienan program.
9. Tindak lanjut
Tidak lanjut dalam hal ini adalah kegiatan lanjutan pasca program dilaksanakan. Baik itu berupa program pendampingan maupun pengembangan program yang telah dilakukan.