Ruang Lingkup Praktik Jurusan

Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal

  1. Program pendidikan anak usia dini untuk menstimulasi tumbuh kembang anak usia 0 – 7 tahun.
  2. Program perintisan program PAUD Non Formal
  3. Pengelolaan Program PAUD Non Formal
  4. Prospek Kelembagaan PAUD Non Formal
  5. Peningkatan SDM PAUD Non Formal
  6. Program Peningkatan Pembelajaran PAUD Non Formal
  7. Program Pengembangan Media Pembelajarn (APE)
  8. Peningkatan Program Satuan PAUD Sejenis (SPS)
  9. Program kerjasama dengan instansi terkait
  10. Program penanaman sikap dalam kegiatan pembelajaran PAUD

 


Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Keaksaraan

  1. Pendahuluan yang membahas tentang latar belakang, tujuan program, sasaran program dan indikator ketercapaian program,
  2. Konsep pendidikan keaksaraan dan pengembangkan model pendidikan keaksaraan,
  3. Prosedur praktek yang meliputi perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program, pelaporan hasil program dan tindak lanjut dari program yang sudah diimplementasikan

Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja

Pendidikan kecakapan hidup merupakan program pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatan kapasitas warga belajar yang meliputi Kecakapan umum (generic) dan Khusus (Spesifik).

Mahasiswa diharapkan mampu menyelenggarakan program PKH secara utuh meliputi :

  1. Kecakapan mengenal diri,
  2. Kecakapan akademik,
  3. Kecakapan social dan kecakapan vokasional.

Masing – masing kecakapan harus diberikan secara proporsional. Sasaran  untuk program ini meliputi pemuda, orangtua, dan masyarakat produktif lainnya


Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Keluarga

Pendidikan keluarga merupakan program pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas warga belajar / masyarakat / keluarga yang meliputi :   

  1. pemahaman mengenai hakekat keluarga sebagai kelompok sosial paling dasar dan sebagai lembaga sosial yang memiliki peranan penting terhadap perkembangan kepribadian serta perkembangan sosial anak melalui pendidikan keluarga,
  2. pengertian keluarga, struktur, fungsi, dan pola-pola hubungan keluarga (interaksi, komunkasi dan proses sosialisasi );  
  3. perubahan sosial dan pengaruhnya terhadap keluarga; 
  4. tanggung jawab pendidikan oleh orangtua, cara serta tantangan dalam mendidik anak;  
  5. tujuan dan bentuk pendidikan keluarga ( fungsi, peranan dan metode pendidikan keluarga); 
  6. peranan anggota keluarga dalam pendidikan anak; pentingnya pendidikan nilai, moral, keagamaan, disiplin diri dan pendidikan karakter dalam keluarga;
  7. serta prinsip-prinsip praktis menjadi orang tua yang sukses dalam pendidikan keluarga.

Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Kepemudaan

  1. Program-program pendidikan kepemudaan untuk menstimulasi tercapainya  tugas-tugas perkembangan di usia 12-21 dan 21-30 tahun.
  2. Program Pengembangan Idialisme Pemuda
  3. Program Pengembangan Potensi pemuda
  4. Program Pengembangan Peran Aktif Pemuda
  5. Program Penguatan Tanggung Jawab pemuda
  6. Program Pengembangan Organisasi Kepemudaan
  7. Program Pelayanan kepemudaan
  8. Program Penyadaran Pemuda
  9. Program Pemberdayaan Pemuda
  10. Program Pengembangan Kepemimpinan pemuda
  11. Program Pengembangan Kewirausahaan Pemuda
  12. Program Pengembangan Kepeloporan Pemuda
  13. Program pengembangan Kemitraan pemuda

Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Pendidikan Perempuan

Pendidikan Pemberdayaan Perempuan merupakan program pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas warga belajar / kaum perempuan yang meliputi :

  1. berbagai upaya mewujudkan peran perempuan dalam pembangunan melalui kegiatan pokok dan prioritas program pemberdayaan perempuan di bidang Pendidikan dan Pelatihan, 
  2. bidang Kesehatan,
  3. bidang Keluarga Berencana,
  4. bidang Ekonomi dan Ketenagakerjaan,
  5. bidang Politik dan Hukum,
  6. bidang Kesejahteraan Sosial dan Agama,
  7. bidang Pertahanan dan Keamanan,
  8. bidang Lingkungan Hidup,  bidang Informasi dan Komunikasi,
  9. serta bidang  Kelembagaan.

Ruang Lingkup Praktik Pendidikan Usia Lanjut

  1. Ruang lingkup praktik pendidikan usia lanjut meliputi antara lain:
  2. Program-program pendidikan usia lanjut untuk menstimulasi tercapainya  tugas-tugas perkembangan di usia 50-60 dan 60 tahun ke atas.
  3. Program-program persiapan kehidupan berikutnya/kematian.
  4. Program pengembangan Lingkungan Ramah Lansia.
  5. Program bermakna dan bahagia bagi lanjut usia.