Dosen PLS UNY hadiri Seminar Nasional PLS FKIP Universitas Sriwijaya Palembang

Palembang (13-14/11). Sebanyak 9 Dosen PLS FIP UNY menuju Palembang guna mengikuti Temu Kolegial dan Seminar Nasional PLS se- Indonesia yang diselenggarakan oleh Jurusan PLS FKIP Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan. Acara yang bertajuk “Penguatan Peran Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) produktif dan inovatif” itu disenggarakan dalam rangka menyelaraskan strategi Jurusan PLS dalam menghadapi persaingan global.

Dr. Azizah Husen, M.Pd., selaku Ketua Panitia Kegiatan dan sebagai Ketua Jurusan PLS FKIP UNSRI menyambut gembira atas dukungan dan partisipasi civitas akademika PLS seluruh Indonesia. “Kami sampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya atas dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu civitas akademika PLS. Kehadiran Bapak/Ibu sangat berarti bagi kami untuk tetap melanjutkan perjuangan dalam mendidik para calon sarjana PLS yang produktif dan Inovatif”, sambut Azizah Husin. Azizah menyampaikan rasa syukur karena Jurusan PLS mulai tahun 2014 dibuka kembali setelah bebera tahun yang lalu mengalami passing out.

Seminar Nasional dan Temu Kolegial tersebut menghadirkan Dr. Yusuf Muhyiddin, M.Pd, (Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Dirjen PAUD Dikmas), H. Zulkopli, SE., MM.,(Kabid Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Selatan), dan Prof. Dr. Suproyono, M.Pd (Ketua IKAPENFI) sebagai narasumber. Dalam paparanya Yusuf  menyampaikan tantangan – tantangan yang dihadapi dalam menyiapkan SDM produktif dan inovatif, diantaranya yaitu Bonus Demokrasi 2010 – 2025, angka putus sekolah, pengangguran, dan menghadapi MEA.

Dalam kesempatan yang sama, Zulkopli menyampaikan Peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumetera Selatan dalam mendukung program PLS guna menyiapkan SDM produktif dan inovatif. Prof. Dr. Supriyono, M.Pd. menyampaikan Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Perlu diketahui, sebelum acara Seminar nasional, PLS FKIP Unsri menyelenggarakan temu kolegial dosen PLS dengan membahas isu – isu terkini Jurusan PLS seluruh Indonesia. (mata)

Untuk materi seminar tersebut dapat diunduh di link ini.

  1. Dr. Yusuf Muhyiddin, M.Pd.
  2. Zulkopli, SE., MM
  3. Prof. Dr. Supriyono, M.Pd.