PENERJUNAN DAN PENGENALAN LINGKUNGAN KERJA DI DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN KULON PROGO

Pada hari Senin, 26 Februari 2024 telah dilaksanakan kegiatan penerjunan Praktik Jurusan konsentrasi Pekerjaan Sosial di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo. Kelompok yang diterjunkan didampingi oleh Dosen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Erma Kusumawardani, M.Pd. selaku DPL kelompok konsentrasi Pekerjaan Sosial dengan anggota:

  1. Muhammad Adib Ahsani
  2. Bondan Purba Asmara
  3. Umrotun Hasnah
  4. Faiza Rossikha

Penerjunan mahasiswa  diterima dengan hangat oleh bapak Dr. Licius Bowo Pristiyanto selaku kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya, Pak Bowo memberikan pengantar dan gambaran singkat mengenai iklim dan budaya kerja di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo.  Setelah itu kelompok praktik didampingi oleh bapak sekretaris dinas untuk berkeliling dan berkenalan dengan bidang-bidang yang ada pada Dinsos PPPA Kulon Progo. Hari pertama penerjunan merupakan waktu bagi kelompok praktik untuk mengenal dan mengamati bagaimana budaya kerja yang terdapat di lembaga tersebut sehingga di kemudian hari dalam masa praktik dapat beradaptasi dengan lancar.

Dengan dilaksanakannya praktik konsentrasi ini diharapkan kelompok praktik sebagai mahasiswa PLS UNY dapat mengamati dan mengaplikasikan secara langsung ilmu teori yang telah mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu besar harapannya agar mahasiswa kelompok praktik mendapatkan pengalaman secara konkrit di lapangan pada bidang pekerjaan sosial.