Mahasiswa PLS Bentuk Inovasi Publik di BPMPKB Kab. Gunungkidul

Salah satu bentuk program kerja Mahasiswa PPL PLS UNY di Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Gunungkidul adalah pembuatan inovasi publik.

BPMPKB sebagai instansi pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat Kabupaten Gunungkidul dalam meningkatkan pelayanannya perlu mendapat masukan dari masyarakat.

Bersamaan dengan peluncuran website resmi BPMPKB yang bekerjasama dengan DISHUBKOMINFO Kabupaten Gunungkidul, pada tanggal 13 September 2016 juga diluncurkan inovasi publik tersebut.

Inovasi publik yang dibuat oleh mahasiswa PPL PLS UNY berupa suatu bentuk pelayanan online yang dapat digunakan masyarakat umum untuk dapat langsung memberikan masukan baik yang positif berupa saran, maupun yang negatif berupa kritikan kepada BPMPKB. Pelayanan publik ini dapat diakses melalui salah satu menu di website resmi BPMPKB di alamat www.bpmpkb.gunungkidulkab.go.id dengan mengisi formulir online.

Ada 2 (dua) macam bentuk pelayanan publik yang dibuat, yakni Pelayanan Publik (PELPU) yang berlaku bagi semua bidang di BPMPKB dan pelayanan publik khusus untuk Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang ditangani oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan BPMPKB.

Pelayanan Publik dapat diakses pada saat jam kerja BPMPKB dan akan mendapatkan balasan dalam jangka waktu maksimal lima hari jam kerja. Untuk penggunaannya masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun, namun dibutuhkan smartphone, komputer atau sejenisnya yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

Selain itu juga dibuat Standar Opersional Prosedur (SOP) dan Kode Etik Pelayanan Publik dengan tujuan agar semua pihak dapat mengetahui mekanisme kerja pelayanan dan dalam pelaksanaannya tidak ada hal-hal menyimpang.

Dengan adanya pelayanan publik ini diharapkan permasalahan yang ada di masyarakat dan lembaga yang terkait dengan program kerja BPMPKB dapat ditindaklanjuti dengan baik dan pelayanan yang diberikan dapat semakin meningkat. (bigi/mata)

Tags: