MENYONGSONG PERUBAHAN YANG POSITIF: PRESENTASI PENELITIAN PROGRAM PADA MASYARAKAT BERJALAN LANCAR

Pada tanggal 22 Maret 2023, bertempat di Ruang Ormawa FIPP UNY, telah diselenggarakan acara presentasi penelitian pengabdian kepada masyarakat. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terkait dengan tema penelitian yang dibawakan oleh pak Dr.Hiryanto, M.Si. pak Dr. Iis Prasetyo,MM Pak Dr. David Setiana, M.Pd. dan Bu Tristanti, M.Pd.

Pak Dr. Joko, selaku Badan Pelaksana Pengabdian (BPP), memberikan pengantar dan membuka acara pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, para peserta mendengarkan presentasi dari pak Hir, pak Iis, pak David dan bu Tanti yang akan melakukan penelitian pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai tema yang relevan.

Adapun judul penelitian yang disampaikan oleh presenter diantaranya yaitu:

1. Permberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Homestay di Padukuhan Karangrejek (diketuai oleh Bu Tristanti, dengan anggota Prof, Sujarwo, Pak Yudan Hermawan, dan Bu Fitta Ummaya Santi, Yuliana Nugrahani, Punjung Pituas, Ahnaf Nabil, Sekalbu Hayati Rasa dan Alifia Putri Nur Afifah)

2.Pelatihan Analisis Kebutuhan Pengembangan Program Pelatihan dan Pemberdayaan Sosial LKS/LKSA di DIY (diketuai oleh Pak Hiryanto, dengan anggota Pak Lutfi Wibawa, Prof Septi, Pak Arif Wijayanto, Bu Puji Yanti, dan Bu Neng Desi)

3. Pendampingan dan Penguatan Sumber Daya Manusia: Implementasi Tindak Lanjut Pengembangan Desa Ramah Anak, Banjarharjo, Kulonprogo (diketuai oleh Pak Dafid, dengan anggota Pak Robertus, Pak SUgito, Bu Erma, Meira Arta, Alya Rahma, Raden Rara, Rangga Elang, Adrinda Triarsa)

4. Pelatihan Pelayanan Prima bagi Pemandu Wisata untuk Mendukung Inclusive Tourism (diketuai oleh Pak Iis, dengan anggota Pak Rofiq, Bu Adin, Prof Entoh, Afiqoh, Dhienda, Fashikka, Dhenaya Ainun, dan Mesghina Anugrah)

Acara ini juga dihadiri oleh reviewer internal, yaitu Prof. Suwarjo, Bu Tanti, dan pak Hiryanto, yang memberikan masukan dan saran terkait dengan penelitian yang akan dilakukan. Diskusi dan tanya jawab antara peserta dan pembicara juga terjadi selama acara berlangsung.

Acara berlangsung dengan lancar dan meriah, dengan peserta yang antusias dalam mendengarkan dan berdiskusi. Acara ditutup pada pukul 11.00 WIB dengan harapan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. (shr)